Minggu, 21 Agustus 2022

Kades: Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik Sangat Dibutuhkan

Kades: Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik Sangat Dibutuhkan

KARAWANG, Infonews nusantara - Keterbukaan informasi Publik (KIP) merupakan hak seluruh Masyarakat Dalam penggunaan dan pengelolaan Keuangan Negara Oleh Badan Publik dalam penyelenggaraan serta pembangunan suatu negara, Pemerintah harus memberikan informasi serta transparansi kepada masyarakatnya sebagai bentuk pertanggungjawaban publik. 

Dengan adanya Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan informasi Publik (KIP) Diharapkan masyarakat Kepada Pemerintah untuk Transparan dalam penggunaannya agar masyarakat turut serta mengawasinya.

Dengan adanya Sengketa Informasi yang gugat melalui Komisi Informasi Publik Di bandung Jawa Barat oleh Penggiat Anti korupsi terhadap 6 (Enam) Badan Publik di Karawang Diantaranya 4 (Empat) Desa yang berada di kabupaten Karawang Jawa Barat Perihal Dokumen Penggunaan dan pengelolaan Anggaran yang saat ini menjadi menarik perhatian publik.

Hal tersebut menjadi awal penelusuran Tim Awak Media terhadap Para Kepala Desa beberapa waktu yang lalu, Salah satunya Kepala Desa Yang berada di Kabupaten Karawang, Ketika Awak Media menanyakan Perihal Sosialisasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan informasi Publik (KIP) Dari Pemerintah Daerah, kepada Kepala Desa, Kepala Desa mengakui Bahwasanya Pemerintah Daerah Belum pernah ada mensosialisasikan Tentang Keterbukaan informasi Publik. 

" Belum ada sosialisasi dari pemkab Karawang terkait Dengan Keterbukaan informasi Publik Kang, memang sudah seharusnya dari pemerintah Kabupaten harus mensosialisasikan apa saja yang dapat kami berikan perihal informasi yang dibutuhkan Baik informasi yang di minta oleh Rekan-Rekan Sosial Kontrol maupun Masyarakat, agar kami dari pemerintahan desa bisa menjelaskan tentang ketransparanan publik nantinya kepada masyarakat ataupun Yang berkepentingan lainnya. Ucap Kepala Desa. (H@de/Ki).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Infonews Nusantara | All Right Reserved