Selasa, 03 Januari 2023




CIANJUR, infonewsnusantara.net

Pemerintah Kabupaten Cianjur pastikan akan merelokasi tiga kampung yang berada di dua kecamatan karena berada diatas patahan aktif Cugenang.

Juru Bicara Tim Penanganan Bencana Pemkab Cianjur, Budi Rahayu Toyib mengatakan, saat ini sudah ada beberapa wilayah yang sudah dipastikan untuk direlokasi pemerintah.

"Wilayah tersebut diantaranya yaitu, Kampung Rawacina di Desa Nagrak, Kecamatan Cianjur, dan Kampung Cisarua, Desa Sarampad, Kampung Cugenang, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang," katanya pada wartawan, Selasa (3/1/2023).

Ketiga kampung yang dipastikan direlokasi tersebut, lanjut dia, karena tepat berada di atas patahan aktif, rumah yang berada di titik rawan longsor.

"Namun untuk rumah yang harus direlokasi, hingga saat ini jumlahnya belum ada, dan hingga kini kita masih terus melakukan pendataan," katanya.

Selain itu, Budhi menjelaskan, pihaknya hingga saat ini masih menunggu hasil dari keputusan akhir dari pemerintah pusat. Sehingga pihaknya belum melakukan sosialisi.

"Kita engga mau data dari pusat belum ada, tapi kita sudah melakukan sosialisasi. Jadi biar pastikan dulu jumlahnya yang hingga saat ini masih dilakukan oleh BMKG, dan Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN)," katanya.

Budhi menambahkan, masayrakat yang tinggal di tiga kampung tersebut akan direlokasi ke tempat yang sudah disediakan pemerintah, yaitu di Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, dan Kecamatan Mande.

"Saat pembangunan rumah relokasi masih terus dilakukan. Dan untuk tempat relokasi di Desa Sirnagalih semoga saja bisa selesai sebelum lebaran 2023," katanya.(mat)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Infonews Nusantara | All Right Reserved