Kamis, 19 Januari 2023

PJ Gubernur DKI Jakarta Heri Budi Hartono Minta Lurah Tata Lahan Jadi Taman

PJ Gubernur DKI Jakarta Heri Budi Hartono Minta Lurah Tata Lahan Jadi Taman




JAKARTA, infonewsnusantara.net

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta seluruh lurah menata lahan terbengkalai di wilayahnya menjadi taman. Heru memandang, arahan itu bisa diterapkan di 267 kelurahan di Ibu Kota.

Hal itu disampaikan oleh Heru Budi Hartono usai meninjau Taman Hasil Penataan di Kelurahan Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Heru menjelaskan, taman yang ditinjau ini merupakan hasil penataan kawasan unggulan yang dilakukan Pemkot Jakarta Barat.

Area tersebut disulap menjadi kawasan unggulan berupa taman yang menjadi tempat interaksi warga dan ruang terbuka hijau.

"Jadi, ini contohnya. Karena, di setiap kelurahan, saya meminta satu lokasi yang awalnya kurang terawat, gelap, sekarang diubah menjadi kawasan unggulan yang bagus, tertata rapi dan indah," kata Heru Budi, Kamis (19/1/2023).

Heru menyampaikan, setiap kelurahan di 6 wilayah DKI Jakarta memiliki satu titik lokasi yang dijadikan kawasan unggulan berupa taman hasil penataan. Dengan demikian, ada 267 kawasan unggulan berupa taman hasil penataan di DKI Jakarta.

"Jadi, saya menyerahkan kepada lurah. Terserah Pak Lurah di mana kawasannya, yang mudah saja. Seperti ada di Duren Sawit. Di perempatan Pondok Kopi juga ada. Sehingga, kalau ada satu titik per kelurahan, maka se-DKI memiliki 267 titik kawasan unggul. Berarti, ada 267 titik lokasi yang sebelumnya kurang terawat menjadi bagus dan tertata rapi," ujarnya.

Heru memandang, pengerjaan taman hasil penataan kawasan bisa dilakukan dengan berkoordinasi antara jajaran Kelurahan beserta unit kerja perangkat daerah (UKPD) yang ada di wilayah masing-masing. Seperti halnya yang dilakukan di Taman Hasil Penataan di Kelurahan Kembangan Selatan ini.

"Kita kerja dengan cara yang mudah saja. Semuanya kerja bakti, berkolaborasi dengan UKPD. Seperti, Sudin Pertamanan menyumbang bibit pohon dan rumput, Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) menyumbang ikan dan pohon produktif, lalu Sudin Bina Marga menyumbang aspal dan lampu penerangan dari Sudin Penerangan Jalan Umum (PJU)," terangnya.(red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Infonews Nusantara | All Right Reserved