Kamis, 12 Januari 2023

Sektor 18 Citarum Harum Ambil Sampel Air Sungai Guna Uji Laboratorium

Sektor 18 Citarum Harum Ambil Sampel Air Sungai Guna Uji Laboratorium

KARAWANG, Infonews Nusantata - Berdasarkan adanya informasi dari masyarakat terkait dugaan pembuangan cairan kimia ke saluran anak Sungai Cisubah yang diduga berasal dari Kawasan KIIC, Satgas Citarum Harum Sektor 18 segera menindaklanjutinya dengan melakukan pengecekan dan uji sampel.

Komandan Sektor (Dansektor, red) 18 Citarum Harum, Kolonel Czi Suyatrinu Wardedi secara langsung ke lokasi tersebut guna memastikan informasi dari masyarakat terkait adanya Dugaan cairan kimia yang dibuang ke anak Sungai Cisubah, Kamis (12/01/23).

Dansektor 18 beserta anggota kemudian melakukan pengecekan serta mengambil sample air dari anak Sungai Cisubah untuk kemudian dilakukan uji lab, apakah air tercemar oleh bahan kimia atau tidak.

Disampaikan Dansektor 18, Kolonel Czi Suyatrinu Wardedi, atas dasar informasi dari masyarakat terkait adanya dugaan pembuangan cairan kimia ke saluran anak Sungai Cisubah yang diduga berasal dari Kawasan KIIC, kami dari Satgas Citarum Sektor 18 bersama dengan Dansektor 17 segera menindaklanjutinya dengan mendatangi lokasi.

"Kami datangi lokasi, kemudian ambil sampel airnya untuk dilakukan analisis dan uji laboratorium agar bisa diketahui apakah air tersebut tercemar cairan kimia seperti yang dimaksud atau tidak, ungkap Dansektor."

Masih kata Dansektor 18, selain melakukan pengecekan dan uji lab, kami juga akan melakukan koordinasi kepada pihak-pihak terkait, untuk menelusuri sumber dari dugaan cairan kimia tersebut.

Dugaan sementara cairan kimia dibuang ke saluran anak Sungai Cisubah bersamaan dengan turunnya hujan, artinya diperkirakan dugaan pembuangan cairan kimia atau limbah tersebut memanfaatkan curah hujan.

Untuk selanjutnya tinggal kita tunggu hasil lab nya, jika memang terbukti tercemar maka akan kami lakukan tindakan terhadap si pembuang cairan kimia tersebut, tegasnya.

Sementara itu, Bambang Sugeng, Humas KIIC Karawang saat dihubungi via seluler menyampaikan, Tim KIIC akan merapat ke lokasi tersebut untuk ambil sampel air sungai tersebut ya Kang, Tim KIIC akan ambil sampel dan mau di uji lab Kang, sambil nyari dugaan dari mana asal limbah tersebut. 

KIIC tidak membuang ke anak sungai Cisubah tp langsung ke Cisubah
Hatur nuhun, jelasnya. (Ki)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Infonews Nusantara | All Right Reserved