Senin, 27 Februari 2023

Akibat Intensitas Hujan yang Tinggi, Banjir Kepung Karawang

Akibat Intensitas Hujan yang Tinggi, Banjir Kepung Karawang



KARAWANG, infonewsnusantara.net

Banjir yang merendam sejumlah kecamatan di Karawang akibat intensitas hujan yang tinggi dan limpasan air sungai, situ dan bendungan, langsung membuat pemerintah daerah bergerak cepat melakukan mitigasi siaga bencana.

Bupati Karawang dr Hj Cellica Nurrachadiana memimpin rapat bersama TNI-Polri, perwakilan Kajari, Sekda, Asisten Daerah II, BPBD, Perum Jasa Tirta (PJT II), Kepala OPD dan camat untuk melakukan langkah awal penanganan bencana banjir Karawang di Markas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Senin (27/2/ 2023).

"Kita harus pastikan ketersediaan logistik, seperti tenda pengungsian, kasur, perahu, genset, sembako, makanan siap saji, kebutuhan bayi, susu, dan popok benar-benar ada. Saya ingin semua itu langsung didistribusikan pada warga terdampak yang membutuhkan," kata Bupati.

Ia juga meminta agar camat segera meningkatkan kesiagaan di wilayahnya masing-masing.

"Tidak hanya untuk banjir, namun juga puting beliung dan tanah longsor," singkatnya.

Bupati menjelaskan bahwa banjir yang melanda sebagian wilayah Karawang akibat intensitas hujan yang tinggi ditambah naiknya Tinggi Muka Air (TMA) sejumlah sungai, situ dan bendungan.

"Hujan deras ditambah debit air yang besar membuat limpahan semakin banyak. Belum lagi saluran air dan drainase banyak yang dangkal maupun tersumbat sampah," jelas perempuan ini.

Ia menghimbau agar warga tetap tenang dan waspada mengingat musim penghujan belum menunjukan tanda akan berakhir.

"Segera berkoordinasi dengan petugas jika perlu bantuan, dan ikuti instruksi yang diberikan," pinta bupati.(mat)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Infonews Nusantara | All Right Reserved