Rabu, 12 April 2023

Temui Menteri Koperasi dan UMKM, Wabup : Produk UMKM di Karawang Menjadi Produk Terbaik di Jawa Barat

Temui Menteri Koperasi dan UMKM, Wabup : Produk UMKM di Karawang Menjadi Produk Terbaik di Jawa Barat



KARAWANG, infonewsnusantara.net

Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh SE menemui Menteri Koperasi dan UMKM, Teten Masduki untuk menyampaikan beberapa keunggulan produk UMKM di Kabupaten Karawang.

Dalam kesempatan itu, Wabup mengatakan, produk UMKM di Karawang menjadi produk terbaik di Jawa Barat. Oleh karena itu, Pemkab Karawang, meminta agar ada arahan dan saran untuk kemajuan produk UMKM yang ada di Kabupaten Karawang.

“Ada banyak beragam produk UMKM. Diantaranya yang kami bawa ini sebagai sampel. Mohon kiranya ada masukan dan saran dari bapak menteri untuk UMKM di Karawang,” ujar Wabup.

Wabup mengatakan, UMKM di Karawang menjadi salah satu tonggak kemajuan dan kebangkitan ekonomi pasca pandemi Covid-19. Selain produksi beras dan juga sebagai wilayah industri, Pemkab Karawang berencana untuk memperkuat sektor perekonomian di bidang UMKM.

Sesuai amanat PP 7 Tahun 2021, Kemenkop dan UKM terus memberikan dukungan kepada pengembangan KUMKM, di antaranya fasilitasi akses pembiayaan UMKM melalui KUR.

Bukan hanya itu, pihaknya juga memberikan akses dukungan pada pembiayaan koperasi melalui LPDB KUMKM hingga akses promosi dan pemasaran melalui pendampingan onboarding dan pameran, baik di dalam maupun luar negeri.

Ada juga fasilitasi peningkatan kapasitas SDM KUMKM, baik yang sifatnya vokasi maupun kompetensi berbasis pada sektor unggulan UMKM (fashion, ekonomi kreatif, kuliner, homedecor, pertanian/perkebunan, perikanan/peternakan, dan pariwisata).

“Termasuk pendampingan penerbitan legalitas dan sertifikasi usaha seperti NIB, HKI-Merek, Halal, SPIRT, MD, dan lainnya. Begitu juga dengan Korporatisasi Koperasi Pangan untuk memperkuat posisi tawar UMKM dan kemitraan usahanya,” ujar Menteri.

Selain UMKM, dalam rapat kunjungan itu, Wabup juga menyampaikan terkait koperasi di Karawang.(red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Infonews Nusantara | All Right Reserved