Rabu, 21 Juni 2023

Kapolres Majalengka Pimpin Apel Ketua Satkamling Tahun 2023

Kapolres Majalengka Pimpin Apel Ketua Satkamling Tahun 2023



MAJALENGKA, infonewsnusantara.net

Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto,S.I.K memimpin "Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) Tahun 2023" yang digelar di Halaman Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Majalengka, pada Rabu (21/6/2023).

Apel tersebut dihadiri oleh Waka Polres Majalengka Kompol Bayu Purdantono,S.I.K.,M.I.K, Pejabat Utama, Kapolsek, Perwira,Unsur TNI dan Camat serta seluruh Ketua Satkamling dan anggota Linmas se-Kabupaten Majalengka.

Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto,S.I.K Dalam kesempatan itu membacakan amanat langsung dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri).

“Apel yang kita laksanakan pada hari ini merupakan salah satu upaya Polri untuk mempercepat upaya Revitalisasi Satkamling”.

“Tentunya berbagai dinamika tantangan tersebut harus kita hadapi bersama dengan mengedepankan  kolaborasi  dan partisipasi aktif masyarakat”.

Polri terus mengembangkan potensi masyarakat  melalui  pengamanan  swakarsa sebagai upaya memperkuat sistem keamanan lingkungan.

Hal ini sejalan dengan Program Transformasi Menuju Polri yang Presisi  tepatnya pada kebijakan Transformasi Operasional program ke-5 dan kegiatan ke-21 yaitu peningkatan peran aktif pamswakarsa di lingkungan atau wilayah kerjanya dan pemantapan pembinaan pamswakarsa.

Salah   satu   bentuk   pengamanan   swakarsa yang berada di bawah pembinaan Polri adalah Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling.

Selain itu, Polri juga telah menerbitkan Perpol No. 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa sebagai landasan hukum dan penegasan tugas serta tanggung jawab dalam penyelenggaraan kegiatan Satkamling.

Satkamling adalah garda terdepan di setiap lingkungan RT/RW pada Kelurahan/Desa. Oleh karena itu, kehadirannya diharapkan mampu menjadi early warning terhadap potensi kejahatan dan dapat melakukan tindakan pencegahan secara cepat sebagai bagian dari pemolisian yang prediktif.

Sehingga masyarakat memiliki peran mandiri yang signifikan dalam menjaga keamanan dan keteraturan lingkungan serta menyelesaikan permasalahan demi kenyamanan bersama.

Sebagaimana kutipan dari penyair asal Amerika Serikat bernama Ralph Waldo Emerson bahwa "The most powerful security system is the one you build within yourself." (Sistem keamanan yang paling kuat adalah  sistem  yang  anda  bangun  di  dalam  dirimu sendiri).

Satkamling juga harus senantiasa bersinergi dengan TNI-Polri dan pemangku kepentingan lainnya.

Saya berpesan agar kehadiran Satkamling harus betul-betul bisa menjadi cooling system di lingkungannya masing- masing, jangan ada perpecahan karena perbedaan pilihan.

Oleh karena itu, diperlukan peran dari seluruh masyarakat dan stakeholder terkait untuk melakukan upaya Revitalisasi Satkamling, dengan mengaktifkan serta memberdayakan kembali Satkamling.”ujar Kapolri dalam amanatnya.

Kapolres Majalengka, AKBP Indra Novianto,S.I.K dengan penuh semangat menyampaikan pesan Kapolri kepada seluruh Ketua Satkamling yang hadir dalam apel tersebut. 

Beliau mengajak para Ketua Satkamling untuk terus meningkatkan kompetensi, disiplin, serta semangat dalam menjalankan tugas sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan lingkungan.

Dalam Kesempatan itu, Kapolres Majalengka AKBP Indra Novianto,S.I.K memberikan Piagam Penghargaan Kepada Juara 1 Pos Satkamling Blok Kondangasih, Desa Cikondang, Kecamatan Cingambul, Kabupaten Majalengka.

Lalu, Juara 2 Pos Satkamling Blok Tagerang, Desa Sunia Lama, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka dan Juara 3 Pos Satkamling Blok Cikapundung,Desa Dayeuhwangi,Kecamatan Lemahsugih,Kabupaten Majalengka.(Ki)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Infonews Nusantara | All Right Reserved