Senin, 12 Juni 2023

TMMD Reguler Ke-116 Kodim 0604/Karawang, Desa Cemarajaya Merupakan Kampung Pancasila

TMMD Reguler Ke-116 Kodim 0604/Karawang, Desa Cemarajaya Merupakan Kampung Pancasila



KARAWANG, infonewsnusantara.net

Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang berjarak sekitar 40 kilometer dari pusat kota Karawang. Desa Cemarajaya ini ditetapkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang sebagai lokasi pembangunan program TMMD Reguler Ke -116 TA. 2023 Kodim 0604/Karawang.

Jika kita menyusuri sepanjang pantai, mulai dari Pantai Pelangi hingga pantai Pisangan Desa Cemarajaya, jalanan nya beraspal namun terputus dan bersambung dengan jalanan berpasir, berkelok di antara rumah warga, tambak, hingga pekuburan atau tempak makam masyarakat Tionghoa.

Di Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang ini mayoritas penduduk Desa adalah etnis Tionghoa yang telah bermukim lama, wajah mereka berbeda dengan etnis Tionghoa pada umumnya, mereka agak hitam namun masih memiliki sipit dimatanya, serta bahasa keseharian yang digunakan adalah bahasa sunda, namun adat dan kebiasaan leluhur masih kental dalam diri mereka.

Desa Cemarajaya ini bisa dikatakan sebagai kampung Pancasila, karena disini terdapat beberapa Etnis Suku, Budaya dan juga Agama, terdapat Vihara, Gereja dan juga Masjid, semua hidup rukun berdampingan dan di Desa Cemarajaya ini tidak pernah terjadi konflik suku ataupun agama.

Salah satu penerima pembangunan Rutilahu dari Program TMMD Reguler Ke -116 TA.2023 yakni Sankih (46), cucu dari Nenek Suanih (73) warga keturunan Tionghoa, namun dari keluarga mereka berbeda-beda Agama, ada yang beragama Hindu dan Kristen tetapi mereka masih menjalankan ritual budaya leluhurnya.

Menurut Dandim 0604/Karawang Letkol Kav Makhdum Habiburrahman saat melaksanakan peninjauan di Lokasi pembangunan Rutilahu milik Bapak Sankih mengatakan "Desa Cemarajaya Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang bisa disebut Kampung Pancasila, karena disini terdapat beberapa Etnis Suku, Budaya dan Agama"

Seperti Bapak Sankih ini merupakan keturunan Tionghoa tetapi berbeda agama, dia beragama Kristen dan berbeda dengan Orangtuanya yang masih beragama Hindu, disini semua hidup berdampingan, rukun dan tidak pernah terjadi konflik.

Oleh karenanya Desa Cemarajaya Kec Cibuaya Kab Karawang ini layak untuk dijadikan Kampung Pancasila".(mat)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Infonews Nusantara | All Right Reserved