Rabu, 11 Oktober 2023

Dampak Perubahan Iklim El Nino Sekitar 50 Hektare Areal Persawahan di Desa Lemahmakmur Alami Kekeringan

Dampak Perubahan Iklim El Nino Sekitar 50 Hektare Areal Persawahan di Desa Lemahmakmur Alami Kekeringan



KARAWANG, infonewsnussntara.net

Puluhan hektar sawah di Lemahmakmur mengalami kekeringan pada musim kemarau tahun ini, yang disertai fenomena iklim El Nino. Selain kekeringan lahan pertanian, musim kemarau tahun ini juga mengakibatkan warga di sejumlah desa wilayah Kabupaten Karawang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih.

Dampak perubahan iklim El Nino sekitar 50 hektare areal persawahan di Desa Lemahmakmur mengalami kekeringan pada musim kemarau panjang. Hal tersebut diutarakan Kepala Desa Lemahmakmur Badru Zaman usai temui para petani yang menyampaikan keluhannya jelang masa tanam ini.

" Satu-satunya solusi agar sawah mereka tidak lagi kekeringan yaitu dengan menggunakan pompa air, sehingga sawah meraka bisa mendapatkan distribusi air secepatnya dan dapat segera menanami sawah mereka," ucap Badru Zaman.

Seperti halnya Tasum seorang petani yang sawahnya mengalami kekeringan, dirinya bersama parapetani mendatangi kantor Desa untuk meminta solusi atas kekeringan tersebut.

" Kami meminta kepada pemerintah Kabupaten Karawang agar secepatnya memberikan batuan berupa alat pompa air." Pungkas Tasum. (Jide).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Infonews Nusantara | All Right Reserved