Rabu, 06 Desember 2023

Koramil 0411/Telukjambe Lakukan Penanaman Pohon di Lahan ATR/BPN Pusat di Telukjambe Barat

Koramil 0411/Telukjambe Lakukan Penanaman Pohon di Lahan ATR/BPN Pusat di Telukjambe Barat

Karawang, Infonews Nusantara - Dalam rangka menghijaukan lingkungan, Koramil 0411/Telukjambe, Kodim 0604/Karawang melakukan penanaman pohon di lahan ATR/BPN Pusat yang berada di dusun Karadak, Desa Wanajaya, kecamatan Telukjambe Barat, Karawang. Kamis (7/12/23).

Jenis pohon yang ditanam yakni Mahoni sebanyak 100 pohon, Pornis sebanyak 75 pohon, Marebu sebanyak 50 pohon dan pohon Salam sebanyak 25 dilahan seluas 107.367 meter.

Kegiatan tersebut juga turut serta dihadiri oleh Anggota Kapolsek Telukjambe Barat, Aparatur pemerintahan kecamatan Telukjambe Barat, Kepala Puskesmas Wanakerta, Aparatur pemerintahan Desa Wanajaya, Karang Taruna, Kepala sekolah SMAN 1 Telukjambe Barat serta masyarakat setempat.

Danramil 0411/Telukjambe, Kapten Inf Suryadi mengatakan, kegiatan ini merupakan instruksi dari Komando Atas, yang mana kita berkolaborasi dengan Polri, aparatur kecamatan serta desa dalam rangka penghijauan.

"Penanaman ini juga dalam rangka menjelang musim hujan, kita tanam pohon Marebu, Mahoni, Pornis dan pohon salam total ada 250 pohon," ujar Danramil.

Atas kolaborasi yang kompak antara TNI-Polri, aparatur kecamatan, desa serta masyarakat, kegiatan penanaman pohon berjalan dengan lancar.

Sementara itu, kepala desa Wanajaya, Emin mengapresiasi adanya kegiatan penghijauan dengan adanya penanaman pohon.

"Saya sangat senang dan bangga adanya kegiatan ini, ini memang lahan dari ATR/BPN Pusat yang dikelola oleh pemerintah desa Wanajaya," ujar Emin.

Menurutnya, penanaman pohon dilahan tersebut sudah pernah dilakukan pada tahun 2018 sekitar 1000 pohon.

Kegiatan seperti ini sangat dibutuhkan, karena pada musim kemarau sangat susah air, dengan adanya pohon tersebut bisa menyimpan pasokan air dan ketika dimusim hujan bisa menahan erosi.

"Harapannya kegiatan ini bisa berlanjut karena paru-parunya Wanajaya adanya pepohonan agar bisa hijau kembali, karena disini sudah banyak pabrik," ungkapnya. (red)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 Infonews Nusantara | All Right Reserved